Senin, 27 Mei 2013

CHANNEL TUNNEL, PENGHUBUNG INGGRIS DAN EROPA




Proyek Bersejarah di Selat Bersejarah
Jika Anda sudah menyaksikan film Robin Hood yang bulan Mei kemarin menjadi perhatian dunia, maka Anda akan paham seberapa bertetanggakah Inggris dan Prancis secara geografis. Robin Hood kabur dari Prancis menyebrangi Selat Dover dan memerlukan waktu semalam pada beberapa abad lalu. Sedangkan Raja Philips dari Pancis menyebrangi Selat yang sama untuk menyerang Inggris meskipun pada akhirnya gagal. Sejak 1994, selain pesawat dan Ferry, moda transportasi lain yang bisa digunakan adalah kereta api melalui Chunnel— kependekan dari The Channel Tunnel—Terowongan Channel (red).
Ilustrasi Terowongan Channel (sumber: Wikipedia & raileurope.com)

Ide awal menghubungkan Inggris – Perancis melalui terowongan sudah mulai ada sejak dua abad lalu. Namun baru terelasisasi pada 1987. Dua sisi terowongan ini adalah Coquelles dekat Calais di utara Perancis dan CheritonKent, di Britania Raya. Untuk menempuh jarak terowongan ini hanya diperlukan waktu 20 menit menggunakan kereta berkecepatan tinggi seperti perjalanan Mr.Bean dari London ke Paris dalam film Holiday.


Stasiun Cheriton di Inggris yang letaknya tak jauh dari Terowongan Channel
(sumber: wikipedia)
Terowongan Channel memiliki panjang 50,45 km dan 39 km diantaranya berada di bawah air serta merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel. Terowongan Channel dalam Bahasa Inggris disebut sebagai Channel Tunnel dan dalam bahasa Prancis disebut le tunnel sous la MancheSetiap harinya 40.000 orang melintasi terowongan ini. Terowongan Channel memilik 3 jalur terowongan yang digunakan untuk di lewati kereta, dua diantara nya memilik diameter 7,6 Meter dan sebuah terowongan kecil untuk keperluan maintenence atau keperluan Emergency. dalam keadaan darurat. Kedalaman terowongan bervariasi dari 45 meter sampai 75 meter di bawah permukaan laut.
Potongan memanjang Terowongan Channel Inggris-Prancis
Terowongan Channel adalah salah satu keajaiban dunia modern. Proyek Terowongan Channel menghabiskan dana sekitar 15 milliar dollar AS. Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994. Menghubungkan dua negara melewati sebuah selat merupakan sebuah hal yang tidak mudah. Konstruksi Terowongan Channle sangat rumit dan dikerjakan dari dua arah (Perancis dan Inggris).
Konstruksi Terwongan Channel melibatkan 15.000 orang. Peralatan yang digunakan untuk menggali terowongan pun adalah peralatan-peralatan yang sangat besar yaitu Tunnel Boring Machine (TBM) yang mempunyai daya bor 76,2 dan memiliki kombinasi fungsi alat-alat berat antara lain seperti mesin bor dan mesin pengeruk. Hampir 4 juta m³ kapur yang digali di daerah Inggris dan secara keseluruhan tanah yang dikeruk sejumlah 8 juta m³ dengan kecepatan rata-rata 2400 ton per jam. Keuntungan lain menggunakan mesin ini adalah tidak mengganggu kondisi sekitarnya dan dapat menghasilkan dinding terowongan yang halus.
  • Fungsi : Railway
  • Material : Steel concrete
  • Panjang : 50.45 kilometer
  • Engineer(s): Transmanche Link Engineering Firm

Suasana masa konstruksi Terowongan Channel
Beberapa waktu yang lalu terowongan ini pernah mengalami kebakaran selama 20 jam yang disebabkan oleh sebuah kereta barang. Kebakaran ini mengakibatkan temperatur terowongan mencapai 1000 derajat celcius namun tidak menyebabkan kerusakan berarti pada struktur utama terowongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar